Selasa, 07 Februari 2012

Cara cara penyolderan komponen ponsel

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis mengenai cara penyolderan yg baik dan benar pada komponen komponen ponsel yg tujuannya utk memberikan petunjuk dan pemahaman terbaik mengenai cara cara penyolderan komponen ponsel terutama kpd pemula, agar tidak canggung lagi dlm melakukan tindakan perbaikan ponsel.
Setelah memahami tentang bagaimana cara penyolderan yg baik, tentunya kita ingin memperaktekkan sendiri cara penyolderan komponen ponsel, kita mulai dgn melakukan penyolderan dari yg termudah, kita memulainya dari cara penggantian Switch on off dan mengganti lampu led pada ponsel.
Cara melakukan melepas sakelar switch on off :
Gunakanlah penjepit board agar memudahkan dan mengurangi pergeseran pcb ponsel sewaktu pelepasan dan pemasangan. Untuk mengganti sakelar on off sebaiknya gunakan 2 solder utk mempermudah, dua solder ini dilakukan pada posisi tidur, terutama pada sakelar on yg berkaki 4 pastikan mata solder telah cukup panas, gunakan juga mata solder yg paling lancip pada ujungnya dpt menempel timah, lalu tempelkan ujung solder dlm kondisi tidur pd kaki kaki sakelar on dan diamkan 5-7 detik hingga timah pada kaki on mencair lalu geser keatas solder utk melepas sakelar yg rusak, setelah lepas bersihkan sisa timah pada pcb ponsel agar bersih atau gunakan penyedot timah yg kecil.

Cara pemasangan sakelar on off yg baru :
Gunakan penjepit pcb ponsel, sebelum sakelar dipasang ukur terlebih dahulu, pastikan sakelar dlm kondisi yg baik dan ok utk dipasang. Letakkan sakelar pd posisi yg tepat kedudukannya pada jalur on di pcb ponsel. Pada ujung mata solder beri timah sedikit atau secukupnya lalu solderkan ke kaki kaki sakelar on satu persatu hingga terpatri dgn kuat. Perlu diperhatikan : jgn sampai tersolder pada kedua kaki kakinya terhubung karena akan konslet, nyala otomatis.
Setelah penyolderan telah rapi, lakukan pengetesan langsung dgn cara masukkan batre pd casing belakang ponsel, laku tekan sakelar on tanpa ditutup casing. Setelah menekan sakelar on dan ponsel menyala maka pemasangan sudah berhasil dilakukan.
Nah, mudahkan cara penyolderannya anda pun bisa memperaktekannya, ya hitung hitung utk menambah pengalaman anda.

__Wassalam__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya.., kami akan membalasnya untuk anda, dan jangan memberikan komentar yang berupa spam ya