Kamis, 01 Maret 2012

Manfaat dan khasiat buah dan sayuran untuk kesehatan

Buah buahan merupakan pelengkap asupan gizi didalam tubuh, untuk mendapatkan vitamin yg menunjang pertumbuhan, dan kesehatan oleh karena itu para dokter selalu menganjurkan, sehabis makan kita dianjurkan memakan buah buahan untuk mendapatkan vitamin dari buah tersebut, dimana istilahnya diindonesia 4 sehat 5 sempurna.
Berikut ini saya menulis mengenai beberapa manfaat dan khasiat buah 2an utk tubuh kita, dimana tulisan ini saya ambil dari beberapa sumber, buku kesehatan :

1. Anggur
Buah anggur bermanfaat untuk menghilangkan lemak pada ginjal dan bagian tubuh yang lain. Kandungan tanin didalamnya mampu menyerang virus. kandungan flavonoidnya sbg antioksidan dan mencegah atheroclerosis, mengandung zat besi, mencegah konsitipasi, membersihkan hati, membantu fungsi ginjal, membantu, pembentukan darah, dan menurunkan kolesterol.

Cara penggunaannya:
100gr buah anggur segar dicuci bersih dan dibuang bijinya lalu diblender bersama 50cc air matang. Jus ini diminum secara rutin satu gelas sehari setelah makan siang.

2. APEL
Buah Apel berkhasiat untuk memperbaiki otot pencernaan, mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan, menyerap kelebihan air dalam usus. Mengontrol keluarnya insulin, menurunkan tekanan darah dan kolestrol, membersihkan tubuh, mengatasi segala infeksi, membantu pembentukan tulang, menyerap kalsium dari makanan.
-Cara penggunaannya:
100gr apel segar dicuci, buang bijinya, daging buahnya dijus dgn air 50cc dan jus diminum satu gelas sehari sesudah makan siang atau 1 buah apel dimakan langsung.

3. BELIMBING MANIS
Belimbing manis berkhasiat untuk antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan darah tinggi, kolesterol, asam empedu dalam tubuh, menghilangkan sariawan.
-Cara penggunaannya:
100gr belimbing manis yg masih segar dicuci bersih, lalu diblender. Sewaktu memblender tambahkan air 50cc jus ini diminum satu gelas sehari sesudah makan siang & malam.

4. JAMBU BIJI
Jambu biji berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri, radang usus, gangguan pencernaan.
-Cara penggunaan:
100gr jambu biji segar yang telah masak dicuci bersih, buang bijinya, lalu diblender atau langsung dimakan. Jus ini diminum 1 gelas sehari sesudah makan pagi, siang, atau malam.

5. SIRSAK
Buah sirsak berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah proses penuaan, mengatasi gangguan pegal dipinggang.
-Cara penggunaan:
100gr sirsak segar yang matang dan dicuci bersih, buang bijinya lalu diblender. Jus ini diminum 1 gelas sehari sesudah makan pagi atau siang.

6. NANAS
Buah nanas berkhasiat membantu pencernaan protein dan konstipasi, pemecah protein dan lemak, mengatasi ispa, artritis, dan antitumor
-Cara penggunaannya:
100gr nanas segar yang telah masak dicuci bersih, dikupas lalu diblender, tambahkan air putih 50cc jus ini diminum 1 gelas sehari sebelum tidur.

7. JERUK LEMON
Buah jeruk lemon berkhasiat sbg antioksidan, anti kanker & menghancurkan batu empedu
-Cara penggunaannya:
100gr jeruk lemon segar yg telah masak dicuci bersih, buang bijinya, tambahkan 50cc air putih. Jus ini diminum sesudah makan pagi dan makan malam masing -masing 1 gelas.

8. MANGGA
buah mangga berkhasiat melancarkan saluran pencernaan, membersihkan aliran darah, mengurangi kelebihan panas badan
-Cara penggunaannya:
100gr mangga segar yg telah masak dicuci bersih, dikupas diambil daging buahnya, lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50cc. Jus ini diminum pada pagi atau sore sesudah makan.

9. PISANG
Buah pisang berkhasiat untuk menyeimbangkan air dlm tubuh, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung
-Cara penggunaannya:
100gr pisang segar diambil buahnya lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air putih 50cc, jus ini diminum pagi atau siang hari, satu gelas sehari atau 1 buah pisang dimakan langsung.

10. ALPUKAT
Buah alpukat berkhasiat untuk mengobati sariawan, darah tinggi, kulit muka kering
-Cara penggunaanya:
100gr alpukat segar yg telah masak dicuci bersih, diambil daging buahnya, dipotong -potong kecil lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air 50cc. Jus ini diminum 1 gelas pada siang, sore, dan malam sesudah makan

11. JAGUNG
Buah jagung berkhasiat mencegah konstipasi, bagus untuk menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, pembangun otot dan tulang, berguna untuk kesehatan otak dan sistem saraf.

-Cara penggunaan:
1-2 tongkol jagung dikupas lalu dikukus dengan air sebanyak 400ml hingga tersisa 200ml atau setengah airnya, setelah dingin bijinya dipisahkan dari tongkolnya lalu diblender bersama air 50cc Jus ini diminum bersama air jeruk nipis 3 kali seminggu, 1 gelas sesudah makan.

12. BUAH PIR
Buah pir berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, dan jika anda sering bepergian dgn kendaraan maka siapkan buah ini karena dapat dijadikan obat mabuk perjalanan.
-cara penggunaannya:
200gr pir segar yang telah matang, dicuci bersih, lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air putih 50cc jus ini diminum 3 gelas sehari pada pagi, siang, dan malam hari.

Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya.., kami akan membalasnya untuk anda, dan jangan memberikan komentar yang berupa spam ya