Jumat, 30 Desember 2011

Setting email client di ponsel, Gmail

Gmail atau Google mail anda tahu ini, tentu saja jika anda termasuk seorang yang memperhatikan fitur hp, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah email client ini karena ikon ini ada pd setiap hp baik nokia, samsung, sony, LG, motorola dan hampir semua produk hp ada ikon gambar Gmail, tetapi mungkin saja anda masih belum paham apa yg dimaksud dengan email client.
Email jenis ini sama dgn email yg anda terima dari penyelenggara internet, bagi anda yg tersambung dgn internet rumah dan kantor. Kelebihan utama layanan ini adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline yaitu tidak tersambung ke internet setelah kita terkonek dan langsung mendowload email tsb lalu anda bisa memutuskan hubungan dgn internet of dan lansung membacanya

Untuk menjalankan layanan email client diponsel anda harus mempunyai :

1. Memiliki account email berbasis POP3 atau IMAP4
2. Mensetting account di ponsel setelah mempunyai account, anda juga harus menseting parameter emailnya di aplikasi email client seperti Gmail

Gmail salah satu layanan email yg bisa anda gunakan sebagai client. Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload di Google dengan mengetik, http://mail.google.com setelah layar google terbuka, dibagian atas maka anda bisa klik Gmail dan mendownloadnya dengan berbagai versi yg direkomendasikan google sesuai dgn tipe merek hp anda.

catatan : sebelum mendownload Gmail anda harus mempunyai sertifikat keamanan dahulu dari google yg telah terseting di hp keluaran pabrikan lihat dipengaturan sertifikat keamanan di hp anda disitu ada sertifikat: Equifax sertificate.co.uk jika tdk ada maka Gmail anda tidak akan jalan, anda sia sia saja.

Berikut parameter dari layanan email client di Gmail :

1. Username : isi dgn username anda sewaktu daftar di Gmail, misalkan, lisaseptia (tanpa @gmail.com
2. Email address : alamat email anda, sama seperti contoh
3. User id : sama, lisaseptia@gmail.com
4. Password : password gmail anda
5. Tipe mailbox : POP3
6. Pop3 server : pop.gmail.com
7. Port Pop3 : 995
8. SMTP server : smtp.gmail.com
9. Port SMTP : 465
10. SMTP authentic : yes
11. Require SSL/STARTTLS : yes

Selain lewat hp, email account ini bisa anda akses melalui PDA atau PC manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya.., kami akan membalasnya untuk anda, dan jangan memberikan komentar yang berupa spam ya