Sabtu, 31 Desember 2011

Usaha kerajinan gentong

Kerajinan ini terimpirasi dari kerajinan keramik, guci, porselin, dari negeri tiongkok cina, sempat terpikir kenapa negeri cina mempunyai kerajinan guci, porselin yg mempunyai seni tinggi dan sangat bernilai tinggi harganya, lalu saya menengok ke negeri sendiri melihat kerajinan gerabah, guci, kendi, dll dijawa tengah, jawa barat, jawa timur ko nilainya tdk sebesar negeri cina yg bisa dijual sampai ratusan juta padahal dari seni budaya dan cara pengerjaanyapun kita sama mengikuti kebudayaan negeri cina, ada satu peradaban yg dimiliki negeri kita yaitu kerajinan seni ukir dan pahat patung, yg mana kerajinan ini masih bertahan dipulau terindah dibali dan seni karyanya juga bernilai tinggi maka jangan salah kalau kita mempunyai peradaban tinggi nyatanya dari nenek moyang dan kebudayaan negeri kita dari seni pahat dan ukir nenek moyang kita bisa membuat sebuah maha karya yg sangat luar biasa yaitu candi borobudur, tapi negeri cina juga punya peradaban tersendiri yaitu maha karya tembok cina maka saya terpikir apa bedanya kita dengan negeri cina karena keduanya mempunyai seni, karya, budaya dan peradaban yg sama dari nenek moyang kita, maka dari situ saya berpikir untuk apa gentong gentong ini yg telah dibuat dari tangan tangan terampil bangsa sendiri kalau tdk punya nilainya lebih, sedangkan kerajinan porcelin dan guci mempunyai nilai tinggi harganya maka dari situ saya berinisiatif utk merubahnya agar mempunyai lebih nilainya maka saya membuat gentong itu kedalam sebuah lukisan 3 dimensi yg nyata bentuknya yaitu sebuah miniatur pemandangan alam yg indah yg hampir mirip pemandangan aslinya, dan inilah yg dapat saya hasilkan dari gentong gentong buatan karya bangsa kita sendiri :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya.., kami akan membalasnya untuk anda, dan jangan memberikan komentar yang berupa spam ya